Skip to main content

Mengenal Internet Security Bagi Pemula

Internet Security bagi pemula.
Adanya pertanyaan dari kawan - kawan tentang maraknya pencurian akun di internet menginspirasi saya untuk menuliskan tulisan ini. Walau sebenarnya saya sendiri bukan seorang ahli di bidang ini tapi sekedar untuk berbagi dengan kawan - kawan sesama newbie di bidang keamanan internet.
Internet merupakan bentuk jaringan komputer yang sangat luas atau global. Mencakup seluruh komputer didunia termasuk komputer yang sedang anda gunakan untuk membaca salah blog kami. Setiap komputer diberi alamat atau disebut dengan IP Addres untuk menentukan alamat - alamat tersendiri agar setiap data yang akan dikirim oleh satu komputer ke komputer lain terarah sesuai IP Addres yang dituju.
Hacker dan Cracker Siapa Mereka?
Hacker adalah seorang ahli dibidang jaringan komputer yang bertugas mengamankan data di tempat -tempat tertentu (tempat dia bekerja). Sedangkan cracker adalah sang penyusup yang masuk ke jaringan - jaringan komputer yang telah di jadikan target oleh mereka untuk mencuri data - data penting dan menggunakannya untuk keperluan yang tidak sah bisa berbentuk menjual data tersebut kepada orang lain atau digunakan sendiri untuk melakukan hal - hal lain yang lebih membahayakan si pemilik data. Adanya Hacker dan Cracker bukanlah suatu hal yang perlu di perbincangakan karena di dunia ini memang selalu ada dua sifat yang berlawanan, air dan api, hitam dan putih baaik dan jahat. jika kita tamsilkan dalam pekerjaan sehari - hari bisa dikatakan hacker=polisi dan cracker=teroris/pelaku kriminal.
Apa pentinggnya Mengetahui Hal ini?
Sangat penting bagi Anda seorang User (pengguna Internet) aktif untuk mendapatkan dan memberikan informasi kepada orang lain. Tidak terbatas usia, jenis kelamin atau apapun perbedaan tetap menuntut kita untuk mengerti dan memahami betapa pentinggnya pemahaman tentang keamanan internet. Bukan berarti harus menjadi seorang ahli di bidangya tapi minimal kita tahu bagai mana mengamankan suatu akun faebook Anda dari kejahatan pencurian akun di internet pada situs - situs besar seperti facebook, google, yahoo dan lain sebagainya.
Mudahkah?
Sangat mudah, tapi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi bisa dimengerti dengan cepat jika memang kita punya keinginan untuk mempelajarinya. Bahkan jika Anda belajar dengan tekun, mungkin anda bisa menjadi seperti  Yoshimura (hacker yang membantu FBI untuk menangkap pembobol jaringan FBI Kevin Mitnic). Nah tertarik? Silahkan baca tips - tips sederhana bagi newbie(pengguna baru) dalam mengamankan akun dari para cracker di blog kami. Atau jika Anda ingin lebih serius mempelajarinya, silahkan bergabung di forum - forum diskusi online yang membahas seputar keamanan internet dan jaringan komputer. Terimakasih semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Konsep dan Hirarki DNS

DNS adalah suatu bentuk database yang terdistribusi, dimana pengelolaan secara lokal terhadap suatu data akan segera diteruskan ke seluruh jaringan (internet) dengan menggunakan skema client-server. Suatu program yang dinamakan name server, mengandung semua segmen informasi dari database dan juga merupakan resolver bagi client-client yang berhubungan ataupun menggunakannya. Struktur dari database DNS bisa diibaratkan dengan dengan struktur file dari sebuah sistem operasi UNIX. Seluruh database digambarkan sebagai sebuah struktur terbalik dari sebuah pohon (tree) dimana pada puncaknya disebut dengan root node. Pada setiap node dalam tree tersebut mempunyai keterangan (label) misalnya, .org, .com, .edu, .net, .id dan lain-lainnya, sampel penggunaan pada  www.aceh-id.com yang relatif rerhadap puncaknya (parent).Ini bisa diibaratkan dengan relative pathname pada sistem file UNIX,seperti direktori bin, usr, var, etc dan lain sebagainya. Pada puncak root node dalam sebuah sistem DNS di

Cara Install Puppy Linux di USB

Hi All!!! Malam ini ada lattop mau di install ulang... Tapi sayangnya banyak data yang tersimpan di c:\ termasuk beberapa data proyek kecil - kecilan yang minggu depan mesti diserahkan sama vendor... huffff... pusing deh. Tapi saat menulis tulisan ini semua hampir teratasi. Ya!!! Puppy linux solusinya. Jadi biar lebih mermamfaat mending di tulis aja di blog kofa-style biar kalau Ada yang mampir seperti yang sedang membaca ini bisa dapat bantuan kalau tidak banyak ya barang sedikit saja. Oke kita mulai saja... Mengapa Puppy? jawabnya karena mudah dan ringan untuk keperluan system operasi bootable sekedar buat back up data dan memperbaiki error partisi pada windows XP.

Navigasi Halaman Blog dengan Javascript

Page Navigation atau Navigasi Halaman berfungsi untuk mempermudah para pengunjung untuk menjelajahi blog kita dengan melihat halaman per halaman. Bagi pengguna Wordpress, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Page Navigasi seperti yang Anda lihat pada gambar disamping, karena biasanya template-template wordpress sudah menyediakan fasilitas ini. Bagi pengguna Blogspot, harus menambahkan sintak JavaScript dibawah ini. berikut cara-caranya: Login ke Blog Anda pilih Rancangan kemudian klik tab Edit HTML masukkan kode dibawah ini sebelum kode ]]></b:skin> .showpageNum a { color:#FFF;padding:4px 10px; margin:0 2px; text-decoration:none; -webkit-border-radius:2px;- moz-border-radius:2px; background:#848484 } .showpageOf { color:#222; margin:0 6px 0 0 } .showpageNum a:hover { background:#222; color:#FFF } .showpagePoint { color:#FFF; text-shadow:0 1px 2px #333; padding:4px 10px; margin:0 2px; -webkit-border-radius:2px; -moz-border-radius:2px; background:#222; text-de