Skip to main content

Teks Efek Puding

Setelah pada postingan sebelumnya saya telah menjelaskan saya sedikit telah mengenalkan tentang software Photoshop CS beserta pengenalan tool-tool yang ada didalamnya.

Saya rasa jika Ada telah membacanya, saya yakin Anda pasti telah paham tentang kegunaan software tersebut.

Pada postingan kali ini saya akan mengajak Anda-anda yang masih baru dengan Photoshop CS untuk mulai menggunakannya. Bagi Anda yang sudah mahir juga boleh untuk mencobanya…

Okey.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, (kayak pidato aja yaa...!!!) hehee,,
Saya akan mencoba membuat tutorial tentang beberapa effek dari tulisan. Jika anda ingin mencobanya, silahkan ikuti tutorial ini.


Efek ini relatif sangat mudah di buat karena hanya mengandalkan efek-efek yang ada di dalam  Blending Options.
Pertama, buatlah area kerja baru yang biasa juga di sebut dengan kanvas.
Caranya klik  File > New.
Anda bebas menentukan berapa ukuran kanvas ini, yang penting cukup untuk teks. Setelah itu buatlah teks di atas kanvas tersebut. Anda bebas menentukan warna, ukuran dan jenis dari font tersebut. Termasuk tulisan apa yang mau Anda buat, boleh nama Anda, nama Pacar anda, :p pokoknya apa saja deh yang Anda inginkan.
Kalau saya memilih warna hitam dengan jenis font Forte.

Kini, kita akan merubah teks tersebut agar lebih terlihat seperti “puding”.
Caranya, Klik menu Layer > Layer Style > Inner Glow. Aturlah dengan nilai-nilai
seperti ini. Blend Mode: Murtiply, Opacity: 100%, Noise: 0%. Sedangkan pada bagian Element dan Quality, buatlah agar tetap seperti nilai default seperti yang telah ditetapkan oleh Photoshop CS. Lihat pada gambar di bawah ini.
 

Kali ini kita akan memasukkan efek Bevel and Emboss. Klik menu Layer > Layer Style > Bevel and Emboss. Kemudian isikan nilai-nilai seperti ini agar hasilnya sesuai dengan efek yang ada pada tutorial ini.
Style: Inner Bevel, Technique: Smooth, Depth: 100%, Size: 30 dan Soften: 5. Kemudian kita beralih ke bagian Shading. Di sini kita akan mengatur pencahayaan agar efek puding semakin berkilau. Pada bagian Angles, isi dengan angka 120 sedangkan Attitude: 50. pada bagian Highlight Mode pilih Screen dengan warna putih, dan atur Opacity: 75.
Pada bagian Shadow Mode pilih Color Dodge dengan warna putih juga dan atur Opacity: 50.
Perhatikan gambar di bawah,
 

Sebelum kita pindah ke teknik pewarnaan, kita pilih dulu option Contour yang ada persis di bawah Bevel and Emboos. Di situ hanya ada satu bagian saja, yaitu elements. Pilihlah salah satu tipe Counter yang ada di situ. Pada tutorial ini saya memilih Counter seperti pada gambar berikut 

Sampai saat ini Anda akan melihat tampilan teks seperti pada gambar di bawah ini. Sampai saat ini, warna belum penting.
 

Sebenarnya efek puding ini telah selesai kita buat. Anda tinggal memilih warna lain agar efek puding ini tampak lebih menyerupai puding betulan. Untuk mewarnai teks ber-puding ini, Anda dapat memilih menu Layer > Layer Style > Color Overlay.
Pada tutorial ini saya memilih warna kuning untuk warna teksnya. Anda juga dapat membuat warna tek tersebut dengan warna pilihan anda.
 

Dan hasilnya akan tampak seperti ini jika backgroundnya diganti dengan warna lain sesuai dengan keinginan Anda.
 

Bagaimana!!??
Gampang kaan….???
Hehee, :)

Setelah selesai, jangan lupa menyimpan hasil kerja Anda. Penyimpanan di dalam Photoshop ada berbagai mancam. Jika Anda ingin menyimpan dengan tipe file .PSD maka file tersebut akan bisa Anda edit lagi di lain waktu. Jika Anda ingin menyimpan file tersebut dengan permanen atau tidak bisa di edit lagi. Ada beberapa macam jenis file yang bisa Anda pilih.
Pada tutorial ini saya akan manyimpan file tersebut dalam bentuk .JPG. Caranya Klik menu File > Save As, tuliskan nama file dan pilih jenis filenya JPG. Klik Save.

Untuk toturial kali ini, saya cukupkan saja sampai disini.
Semoga ilmu yang Anda dapatkan bias bermanfaat.
Tolong di Comment yaa, dan jangan lupa sering-sering kunjungi Blog ini.
Salam…!!!

Comments

Popular posts from this blog

Konsep dan Hirarki DNS

DNS adalah suatu bentuk database yang terdistribusi, dimana pengelolaan secara lokal terhadap suatu data akan segera diteruskan ke seluruh jaringan (internet) dengan menggunakan skema client-server. Suatu program yang dinamakan name server, mengandung semua segmen informasi dari database dan juga merupakan resolver bagi client-client yang berhubungan ataupun menggunakannya. Struktur dari database DNS bisa diibaratkan dengan dengan struktur file dari sebuah sistem operasi UNIX. Seluruh database digambarkan sebagai sebuah struktur terbalik dari sebuah pohon (tree) dimana pada puncaknya disebut dengan root node. Pada setiap node dalam tree tersebut mempunyai keterangan (label) misalnya, .org, .com, .edu, .net, .id dan lain-lainnya, sampel penggunaan pada  www.aceh-id.com yang relatif rerhadap puncaknya (parent).Ini bisa diibaratkan dengan relative pathname pada sistem file UNIX,seperti direktori bin, usr, var, etc dan lain sebagainya. Pada puncak root node dalam sebuah sistem DNS di

Cara Install Puppy Linux di USB

Hi All!!! Malam ini ada lattop mau di install ulang... Tapi sayangnya banyak data yang tersimpan di c:\ termasuk beberapa data proyek kecil - kecilan yang minggu depan mesti diserahkan sama vendor... huffff... pusing deh. Tapi saat menulis tulisan ini semua hampir teratasi. Ya!!! Puppy linux solusinya. Jadi biar lebih mermamfaat mending di tulis aja di blog kofa-style biar kalau Ada yang mampir seperti yang sedang membaca ini bisa dapat bantuan kalau tidak banyak ya barang sedikit saja. Oke kita mulai saja... Mengapa Puppy? jawabnya karena mudah dan ringan untuk keperluan system operasi bootable sekedar buat back up data dan memperbaiki error partisi pada windows XP.

Navigasi Halaman Blog dengan Javascript

Page Navigation atau Navigasi Halaman berfungsi untuk mempermudah para pengunjung untuk menjelajahi blog kita dengan melihat halaman per halaman. Bagi pengguna Wordpress, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Page Navigasi seperti yang Anda lihat pada gambar disamping, karena biasanya template-template wordpress sudah menyediakan fasilitas ini. Bagi pengguna Blogspot, harus menambahkan sintak JavaScript dibawah ini. berikut cara-caranya: Login ke Blog Anda pilih Rancangan kemudian klik tab Edit HTML masukkan kode dibawah ini sebelum kode ]]></b:skin> .showpageNum a { color:#FFF;padding:4px 10px; margin:0 2px; text-decoration:none; -webkit-border-radius:2px;- moz-border-radius:2px; background:#848484 } .showpageOf { color:#222; margin:0 6px 0 0 } .showpageNum a:hover { background:#222; color:#FFF } .showpagePoint { color:#FFF; text-shadow:0 1px 2px #333; padding:4px 10px; margin:0 2px; -webkit-border-radius:2px; -moz-border-radius:2px; background:#222; text-de